Senin, 20 Mei 2013

Branding : Promosi Untuk Sebuah Brand/Merek


Brand atau merek adalah sebuah identitas untuk membedakan nama, jenis usaha, dan tujuan dari usaha kita. Ada juga yang bilang kalau brand itu adalah Asset atau Trade mark jika anda berfikir bahwa usaha atau bisnis yang nada jalankan untuk waktu yang lama (jangka panjang). Selain itu Brand juga bisa menjadi acuan atau tolak ukur bagi konsumen untuk merekan memilih produk, terkadang banyak brand yang sudah memiliki nama sering lupa untuk mempertahankan "nama" yang mereka miliki, dan akobat yang timbulkan brand yang sudah ada akan hilang dari persaingan karena banyaknya produk sejenis.

Jadi sebenarnya untuk menciptakan sebuah brand adalah hal yang mudah tetapi bagaimana kita memperkenalkan "nama" tersebut ke Khalayak sehingga merekan "menyadari" bahawa kita ada dan menjadi bagian dari mereka. Dan setelah itu adalah bagaimana cara kita mempertahankan "nama" yang sudah ada tersebut dan tetap menjadi pilihan khalayak. Untuk itu kita memerlukan promosi agar merek yang sudah diciptakan tersebut dapat mencuri hati khalayak, Untuk itu kita perlu melakukan Branding.

Perbedaan Brand dan Branding

Banyak orang yang bertanya : "Apa perbedaan Brand dan Branding?". Seperti yang saya jelaskan di atas Brand itu adalah sebuah nama, logo, istilah, nama, simbol atau yang lainya, yang menjadikan kita berbeda dengan Pesaing kita. Sedangkan Branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang disusun dan direncanakan dengan baik untuk proses membangun, membersarkan dan memperthankan "nama" tersebut. Tanpa adanya kegiatan komunikasi kepada konsumen atau khalayak, maka sebuah merek tidak akan dikenal dan tidak memiliki arti apa pun untuk konsumen dan targetmarketnya. Nama branding semakin terkenal setelah Usaha / Bisnis yang menggunakan internet sebagai basisnya atau tempat mereka mempromosikan dan menjual usaha dan produknya.

Dalam melakukan Branding ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian, yaitu untuk apa kita melakukan branding tersebut karena branding yang baik adalah mengetahui tipe aktivitas branding yang disesuaikan dengan pencapaian dari brand itu sendiri. Untuk brand yang belum terkenal, harus fokus pada membangung awareness. Sedangakan untuk brand yang sudah terkenal harus selalu berinovasi agar konsumen menjadi loyal terhadap produk kita, karena pada tahap ini brand sudah bisa dikatakan kuat. Dan seharusnya proses branding harus disesuaikan dengan situasi dan tahapan pencapaian brand tersebut.


Internet Branding : Pemasaran yang Efektif

Setelah kita mengetahui pengertian dari brand dan branding serta perbedaanya, saya akan coba membahan tentang Internet Branding. Internet Branding sendiri adalah promosi yang paling efektif dan efesien untuk saat ini, kenapa saya bisa bilang seperti itu, karena menurut pemikiran saya sudah semakin banyaknya orang-orang yang menggunakan internet sebagai sumber informasi mereka (bagian ini saya bahas di artikel sebelumnya) dan satu lagi yang sangat mendukung untuk online branding ini adalah semakin banyaknya situs jejaring sosial, dan Indonesia menjadi salah satu negara terbesar pengguna situs jejaring sosial, seperti : Facebook dan Twitter.

Ketika anda bertanya seberapa efektif Online branding, maka saya akan berkata bahwa penggunaan internet sebagai media pemasaran sangat efektif karena saat ini kita bisa menjumpai banyak orang menjual produk mereka di internet. Mereka bisa melakukanya dengan membuat Website, Blog atau yang paling simple anda akan melihat banyak orang berjualan di Twitter dan Facebook. Bukankah pemahaman dasar dari sebuah bisnis atau usaha adalah mengeluarkan modal sekecil-kecilnya dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, dan Online branding melakukanya.

gambar branding melalui Internet



Tidak ada komentar:

Posting Komentar